Senin, 25 Januari 2016

“AMALAN MUDAH MANFAAT BESAR”


1.   Nasehat Nabi saw. pada istrinya: “Ya Aisyah jangan engkau tidur sebelum melakukan empat perkara, yaitu :  khatam Al Qur’an, bersedekah pada para fakir miskin, melaksanakan haji dan umrah, dan mendoakan kaum muslimin. Bertanya Aisyah :“Ya Rasulullah, Bagaimana aku dapat melaksanakan empat perkara seketika?” Rasul menjawab :
      a.       Membaca surah Al Ikhlas 3x sama pahalanya dengan mengkhatamkan Al Qur’an
      b.      Membaca shalawat 3x pahalanya sama dengan pahala sedekah
      c.       Membaca subhanallah, walhadulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar 3x                 pahalanya sama dengan pahala haji dan umrah
      d.      Barang siapa yang mendoakan mu’min laki-laki atu pun perempuan   niscaya alloh      akan memberi pahala kebaikan dari setiap mu’min laki-laki dan perempuan               yang didoakannya. (HR.al-Thabrani dan di anggap hasan oleh Albani.), doanya:
Allahummagfirlil muslimina walmuslimat  wal mu’minina wal mu’minat al ahyai minhum wal amwat
2.      Nabi saw. Bersabda:Apakah seorang diantara kamu tidak mampu mengerjakan seribu kebaikan dalam setiap harinya??Salah seorang sahabat yang ikut duduk bersama beliau bertanya:”Bagaimana cara salah seorang diantara kami dapat mengerjakan seribu kebaikan??”Belau menjawab:”Membaca tashbih (subhaanalloh) seratus kali dapat mendatangkan seribu kebaikan atau menghapus seribu dosa atau kesalahan.(HR.Muslim)
3.      Nabi saw. Bersabda: Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim yang sakit pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari. Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia di doakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi harinya. Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap di petik di dalam syurga.”(HR .Tirmidzi)
4.      Nabi saw. Bersabda:Sesungguhnya Alloh ‘azza wajalla akan mengangkat derajat seorang hamba yang sholeh didalam syurga, hamba itu kemudian bertanya:”Ya rabbi,darimana derajat ini aku peroleh?” Alloh ‘azza wajalla menjawab:”Karena anakmu meminta ampunan kepadaku untukmu.”(HR,Ahmad dan Ibnu Majah, dianggap Shohih oleh al-Bani)
5.      sabda Rasulullah, “Barangsiapa membaca ayat kursi setiap seusai sholat maka tidak ada penghalang atara dia dan surga kecuali kematian.” (HR Nasa’I)

Sumber: ABA IMAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar