Rabu, 27 Januari 2016

Sepuluh STRATEGI Dahsyat untuk Melipat Gandakan MOTIVASI dari dalam DIRI Anda

1.       Ciptakan kebiasaan untuk melakukan positif of formation (pengulangan positif) setiap hari khusunya pada pagi hari. saya akan menjalankan hari ini dengan antusiasme yang tinggi dan siap mengambil tindakan atas setiap kesempatan yang diberikan.” Kegagalan hanyalah bantu loncatan mencapai kesuksesan.” Atau, “saya adalah seorang juara dan hanya yang terbaik yang saya berikan untuk hari ini.” Ingatlah, pikiran bawah sadar kita adalah penggerak keusksesan atau kegagalan kita. Masukkanlah pikiran-pikiran yang memperkuat pencapaian sukses anda.
2.       Pergunakanlah kata-kata positif dengan mengganti perdendaharaan kata-kata negatif Anda. Sebuah survey menemukan bahwa kebanyakkan orang menggunakan kata-kata negatif (demotivasi) sebanyak 75% dalam percakapan mereka sehari-hari. Gantilah kata “masalah” menjadi “tantangan”, kata “halangan” menjadi “kesempatan”, “tidak mungkin” menjadi “mungkin”, “tidak mampu” menjadi “mampu”. Dengan menggunakan kata-kata positif, Anda mampu mengendalikan pikiran, perasaan, dan tindakan Anda kea rah yang positif. Oleh karena itu, hindarilah orang-orang negatif yang dapat menularkan kata-kata negatif yang menghancurkan motivasi Anda.
3.       Lakukanlah olahraga secara rutin minimum lima belas menit tiga kali dalam seminggu. Suatu survei yang dilakukan oleh Gallup menemukan bahwa mereka yang berolahraga, 66% merasa lebih relaks, 62% menemukan energi yang baru, 51% mempunyai penampilan yang lebih menarik, dan 37% menjadi lebih kreatif di dalam pekerjaanya. Ingatlah, jika Anda merasa kurang semangat, BERGERAKLAH.
4.       Ambillah resiko dalam hidup Anda. Sering kali demotivasi datang menghantui kita karena seringnya kita mengerjakan pekerjaan yang bersifat rutinitas. Kita sering terjerat di dalam confort zone, dengan berusaha menghindar dari resiko baru dan menjauhkan diri kita dari kegagalan. Mulailah dari hal yang mudah, sebagai contoh ambillah kegiatan atau hobby baru dalam hidup Anda, bergaullah dengan teman baru yang mungkin berada di luar profesi Anda. Mulanya mungkin menjadi hal yang sulit dan tidak enak, namun lama kelamaan akan menjadi kebiasaan yang dapat terus memotivasi hidup ini.
5.       Penuhilah waktu dan pikiran Anda dengan bacaan-bacaan positif, seminar-seminar motivasi dan pengembangan diri, dengarkanlah musik-musik yang menambah motivasi dalam diri Anda. Buku-buku cerita sukses mengenai orang-orang yang berhasil keluar dari kegagalan-kegagalan hidup, hal ini pasti akan menopang semangat Anda.
6.       Lakukan visualisasi terhadap apa yang anda ingin capai. Makin sering anda melakukannya dan makin tinggi intensitasnya, anda akan lebih termotivasi untuk mewujudkanya denga segera. Carilah gambar-gambar yang mengasosiasikan tujuan anda, kemudian tempelah ditempat tempat yang mudah terlihat dan bawahlah disaku anda lihatlah sesering mungkin. Pikirkanlah tujuan anda tiap hari, visualisasikan langkah-langkah  untuk mencapainya, visualisasikan perasaan anda ketika anda berhasil  mendapatkan tujuan anda, dan visualisasikan juga keuntungan apa yang anda peroleh ; hal ini sudah cukup untuk membakar motivasi  yang lemah menjadi terbakar. Ingatlah, jika anda tidak menyediakan waktu untuk memvisualisasikan tujuan anda, tujuan anda tidak akan pernah terjadi!
7.       Gunakanlah Filosofi “Think Biq”, bersikap optimis dalam menghadapi tantangan hidup ini. Seorang juara tidak menghabiskan waktunya untuk berkeluh kesah dan memikirkan masalah yang dihadapinya, melainkan focus terhadap solusi dan kesempatanyang tersedia. Arahkan dan fokuskanlah pikiran Anda pada tujuan Anda, maka motivasi tersebut akan muncul dengan sendirinya. Ingatlah dengan berprinsip “Think Small” Anda akan mendapatkan hasil yang kecil. Jadi, putuskan untuk selalu berpikir besar (Think Big).
8.       Buatlah target yang mendorong atau memberikan inspirasi kepada Anda. Buatlah target itu jelas, terinci, terukur, realistik dan mempunyai batas waktu (SMART). Janganlah mempunyai target yang mengambang atau tidak jelas. Bagilah target anda menjadi beberapa bagian sehingga terasa realistik dam memompa motivasi kita untuk mewujudkannya.
9.       Jagalah penampilan diri Anda, seorang yang sukses sangat berhati-hati dalam berpenampilan dan gerak tubuhnya. Jalanlah sedikit lebih cepat, senyumlah dengan semangat, tariklah napas yang panjang, tegakkanlah postur tubuh  Anda, ubahlah tatapan mata Anda sehingga menjadi lebih bersemangat. Dengan melakukan hal-hal tersebut, anda akan meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi anda akan bertambah, “You’ve got to fake it, till You make it.” (Anda harus “berpura-pura” terlihat sukses, sebelum anda mencapai kesuksesan yang anda inginkan .) jadi, perlihatkanlah tampilan sukses Anda.!
10.   Ambillah tindakan setiap hari agar semakin dekat dengan tujuan Anda. Tidak penting seberapa besar tindakan Anda, selama Anda terus memikirkannya dan mengambil tindakan yang konkret untuk mewujudkannya, Anda pasti termotivasi.

Lakukanlah 10 strategi ini, saya yakin Anda akan menemukan motivasi yang dahsyat dari dalam diri Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar