Senin, 25 Januari 2016

Strategi Pengembangan Sektor Ekonomi Potensial Studi di Kabupaten Dompu NTB

BUKU ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis sektor dan subsektor ekonomi potensial di Kabupaten Dompu berdasarkan kriteria keunggulan komparatif, keunggulan kompetitif, dan spesialisasi dan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangannya.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PDRB Atas Dasar Harga Konstan tahun 2009-2013 Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kabupaten Dompu. Metode analisis data yang digunakan adalah gabungan antara  location quotient (LQ), model rasio pertumbuhan (MRP), shift share modifikasi Esteban Marquillas (SS-EM), Overlay,  dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya terdapat satu sektor  ekonomi yang potensial di Kabupaten Dompu yakni Sektor Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan. Sementara itu, jika dilihat secara subsektor hanya terdapat empat subsektor ekonomi berpontesi, yaitu kehutanan, peternakan, perikanan dan bank. 
            Bersadarkan hasil analisis SWOT strategi pengembangan sektor keungan, persewaan dan perusahaan dilakukan dengan; Menjalin kerjasama antara pihak perbankkan, pemerintah daerah dan pengusaha untuk sama-sama mendorong pengembangan sektor potensial yang dimiliki oleh daerah Kabupaten Dompu. Pada subsektor kehutanan, peternakan dan perikanan dilakukan dengan; Peningkatan efisiensi dan produktifitas dari seluruh sumber daya yang digunakan dalam pelaksanaannya upaya peningkatan tersebut ditungkan dalam langkah-langkah sebagai berikut yaitu diversifikasi, itensifikasi, ekstensifiksi, rehabilitasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar